CARA BOOKING ISSUED DAN CETAK TIKET PESAWAT


A.     CARA CEK HARGA DAN BOOKING EXPRESS (SEDERHANA) UNTUK AGEN BARU


1)      Setelah masuk ke halaman Agen, geser kursor ke bawah, akan terlihat menu ketiga (Menu Bawah) atau System Reservasi Online

2)      KLIK menu “Pesawat”, lalu masukan kota asal keberangkatan, kemudian masukan juga kota tujuannya.

3)      Masukan tanggal keberangkatan, kemudian pilih jumlah penumpang berdasarkan umurnya.

4)      KLIK “Cari Tiket”, tunggu sejenak. Nanti akan muncul tiket-tiket pesawat yang tersedia lengkap dengan jadwal, maskapai yang digunakan serta harganya, urut dari atas yang paling hemat.

5)      Silakan informasikan harga dan tambahkan “Booking Fee” (Administrasi) Rp 10rb s/d Rp 50rb dari harga tertera tersebut jika perlu (sebagai profit bisnis Anda), terutama untuk level keagenan Mitra, kepada calon penumpang/pelanggan.

6)      Jika tamu/calon penumpang sudah memilih tiket pesawat yang dia kehendaki dan mau langsung “Booking”, silakan KLIK “Pesan” di sebelah paling kanan tiket yang dia inginkan. Jika ada penyesuaian harga, maka harga yang diinformasikan terakhir adalah harga yang berlaku, bukan harga yang awal. Silakan informasikan harga total (+ Booking Fee) kepada tamu.

7)       Masukan nama lengkap sesuai KTP penumpang (HARUS PERSIS SAMA TANPA TANDA BACA : TITIK, KOMA, TANDA PETIK, DSB…). Masukan tanggal lahir dan bagasi (jika ada)

8)      Masukan nomor telepon PENUMPANG dan alamat e-mail ANDA (BUKAN e-mail penumpang)

9)      Masukan User ID dan password Anda, kemudian KLIK “BOOKING”, tunggu sejenak.

10)  Jika Proses booking berhasil, maka akan keluar hasil booking-an Anda di layar sekaligus ke e-mail Anda.

11)  Silakan ke menu Atas, KLIK “Agents” , “Ticketing Queue”, “Airlines”. Setelah keluar halaman baru, di paling atas ada tulisan “Date Expired”, ini adalah time limit untuk Issued.

12)  Sampaikan kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran tiket sebelum time limit tersebut, tetapi sampaikan ke tamu jadwalnya DIMAJUKAN minimal 1-2 jam lebih awal. Agar Anda masih cukup waktu untuk mengecek transaksi, melakukan top up deposit dan melakukan proses issued.

13)  Tunggu sampai tamunya melakukan pembayaran. Jika dana sudah diterima, silakan lanjut ke proses ISSUED.



B.      CARA BOOKING TIKET PESAWAT LOKAL MASKAPAI UTAMA (Dengan System Lengkap)

1)      Klik menu “Agent” di atas, kemudian “Booking”, lalu “Airlines”, setelah itu “Domestik”

2)      Setelah masuk halaman system,  masukan nama kota asal & tujuannya, masukan juga di kolom paling bawah kota selanjutnya, jika “PP” maka masukan kembali nama yang sama sesuai kota asalnya. Lalu masukan tanggal keberangkatan & tanggal penerbangan selanjutnya. Kemudian masukan total jumlah penumpang yang akan ikut terbang, beserta type penumpang (Dewasa, Anak-anak, Bayi).

3)      Setelah itu, arahkan kursor ke tanda “+” yang ada di ujung kiri nama maskapai di bawahnya yang diinginkan. Anda bisa meng-klik semua maskapai yang ada, tetapi disarankan hanya meng-klik tanda “+” disamping nama maskapai yang diinginkan saja, untuk mempercepat proses untuk bisa akses system maskapai yang dituju membuka jadwal penerbangannya.
  
4)      Pilih jadwal penerbangan yang diinginkan dengan meng-klik  di “bulatan2x” yang tersedia sesuai kelas yang diinginkan. Berurutan, yang paling kiri adalah kelas promo & yang paling murah, sedangkan yang paling kanan adalah yang paling tinggi harganya. Setelah diklik salah 1 bulatan tersebut, tunggu system membuka harga di kelas yang dipilih tersebut.

5)      Setelah pilih penerbangan pergi maupun selanjutnya (jika ada), arahkan kursor di ujung kiri atas & klik di situ agar muncul tanda “Centang” / “tick” nya di situ.

6)      Setelah itu geser kursor ke bawah, akan terlihat rincian penerbangan yang sudah dipilih tadi. Cek kembali pilihan anda, jika sudah benar silakan lanjut untuk memasukan data penumpangnya.

7)      Setelah memasukan data penumpang, silakan isi nomor telepon penumpang di kolomnya, sebaiknya tambahkan nomor telepon lainnya untuk back up, atau boleh juga dimasukan nomor telepon Anda sebagai yang melakukan reservasi.

8)      Lalu ganti alamat e-mail tertera di bawah jika mau. E-mail tersebut digunakan untuk system nantinya mengirimkan itinerary tiket pesawat yang sudah di issued.

9)      Terakhir, klik tombol booking, lihat di sebelah kanan halaman ada yang berputar, tunggu sampai berhenti & muncul kode booking beserta limit waktu terakhir untuk melakukan “Issued” tiket tersebut.

10)  JIka kode booking belum keluar, coba klik lagi tombol “Booking” sampai keluar kode bookingnya.



C.      CARA ISSUED TIKET PESAWAT LOKAL MASKAPAI UTAMA (Dengan System)

1)      Dari halaman agen, klik di menu “Agents”, “Airlines” , lalu “Ticketing Queue”, setelah diklik, pilih “Select” di paling kanan tiket pesawat yang mau diissued.

2)      Setelah terbuka halaman tiket yang mau diissued, cek kembali data tiketnya yang mau diissued. Kemudian pastikan deposit akun Anda tersedia cukup dana sesuai nominal harga tiket yang mau diissued di sebelah kanan halaman.

3)      Untuk issued tiket, geser kursor ke bawah, pilih “Ticket Now”, akan ada konfirmasi ulang kembali, klik “OK”

4)      Masukan password Anda kembali, kemudian klik “OK” , tunggu sampai prosesnya selesai & window kembali ke halaman data tiket tadi.


5)      Cek status tiket kiri atas, jika statusnya yang sebelumnya “Waiting” sudah berubah menjadi “Issued” berarti proses issued sudah berhasil. Jika status belum berubah, coba ulangi prosesnya tadi sampai berhasil (prosedur ini TIDAK akan memotong deposit lebih dari 1X, hanya umumnya karena jaringan sehingga proses issued kurang sempurna).




CARA PENYAJIAN TIKET PESAWAT KEPADA PELANGGAN

1)      Langsung E-Tiket ASLI versi maskapai

a.      Ke menu atas, lalu KLIK “Agents” , “Manage Tickets” , “Airlines”

b.      Pilih tiket yang diinginkan, lalu KLIK “Select” di paling kanan daftar tiket tersebut

c.       Setelah keluar itinerary tiket tadi, geser kursor ke bawah KLIK “Print”

d.      Setelah muncul window baru, lalu KLIK “Print” atau “Save”. Jika ingin merubah salah satu menu tersebut antara “Print” atau “Save”, di bagian pilihan “Destination”, KLIK “Change”, pilih yang Anda kehendaki.

e.      Jika klik menu print, maka secara otomatis tiket akan langsung tercetak ke printer Anda (pastikan printer anda terkoneksi dengan baik).

f.        Jika klik menu save, maka pilih folder di computer Anda untuk menaruh file yang akan di save tadi. Setelah itu, file e-ticket tersebut siap untuk dikirmkan kepda pelanggan via e-mail dengan menggunakan menu “Attachment” di e-mail Anda.


2)      Dengan E-Ticket Versi Travel Agent

a.      Cara ini disarankan terutama untuk level Mitra yang penghasilannya 100% dari Booking Fee (Biaya Administrasi), atau level keagenan di atasnya yang ingin menambah profit lagi di luar komisi yang diperolehnya.

b.      Lakukan langkah a dan b sama dengan e-ticket asli tadi

c.       Geser kursor ke bawah, KLIK “Invoice2”

d.      Setelah keluar window baru, ganti “Nomor Invoice” dan “Tanggal” di ujung kanan atas (JIKA PERLU) dengan KLIK di situ.

e.      KLIK di sebelah kanan “To” , isi dengan nama pemesan tiket pesawat tersebut (TIDAK selalu sama dengan nama penumpang di tiket). Lalu KLIK juga di sebelah kanan tulisan “Address”, kemudian isi seperlunya (boleh tidak lengkap).

f.        KLIK di kolom “Biaya Meterai”, kemudian tambahkan tulisan misalnya menjadi : “Biaya Meterai dan Administrasi”, lalu pindahkan kursor ke kanan di bagian nominal “6,000”. Silakan ganti menjadi nominal angka sesuai yang Anda inginkan sebagai Booking Fee / Biaya Administrasi sebagai profit bisnis Anda. Akan terlihat, di kolom nominal “Total Invoice” akan secara otomatis menjumlahkan sesuai harga yang Anda sudah sampaikan dan sudah disetujui bersama saat proses booking di awal sebelumnya. Silakan mengambil profit sewajarnya, umumnya berkisar antara Rp10rb s/d Rp50rb per tiket per 1x jalan.

g.      Anda bisa juga memilih menu KLIK “Invoice”, bukan “Invoice2”. Bedanya, Booking Fee yang Anda kenakan harus langsung dimasukan dan dijumlahkan ke nominal angka yang ada di tiket. PERHATIAN…!!! Di kolom “Fare Information”, PASTIKAN bahwa nominal di kolom pertama ditambah nominal di kolom kedua, sama dengan di nominal kolom ketiga.

h.      Setelah selesai, KLIK “Print” lalu ikuti sama dengan langkah-langkah di point d, e dan f di E-ticket ASLI di atas tadi


Semua Prosedur di atas, secara singkatnya bisa juga dipelajari dan KLIK link di bawah ini: 

http://klikmbc.biz/booking.pdf

http://klikmbc.co.id/Panduan-Issued-Ticket.pdf



PERHATIAN…!!!
# Anda boleh mencoba-coba melakukan booking sambil latihan, tetapi proses booking harap dilakukan dengan SUNGGUH-SUNGGUH…ARTInya, silakan Anda berpura2x mau booking dengan tujuan tertentu, tetapi isilah semua kolom-kolom yang harus diisi dengan baik & benar. TIDAK BOLEH mengisi dengan misalkan : XXXX atau YYYY ATAU BUDIIIIIIII….., dsb. Karena saat Anda KLIK Booking, maka data pemesanan tersebut akan langsung terkirim ke maskapai. Jika Anda melakukan proses booking dengan sungguh-sungguh, hal ini tidak akan menjadi masalah WALAUPUN tiket tersebut tidak di issued / dibayar. Akan tetapi pengisian data yang asal-asalan, akan mengganggu system reservasi si maskapai.

Jika ini dilakukan juga, akan diberikan sanksi sampai yang terberatnya di NON Aktifkannya Username / Kode Login Anda selamanya, TANPA ada pengembalian biaya registrasi yang sudah di bayarkan sebelumnya.

# Untuk prosedur transaksi lainnya, bisa ditanyakan atau dikonsultasikan kepada Cabang di mana anda registrasi menjadi Agen.

# Selamat mencoba & semoga sukses selalu…..